30 Oktober 2007

Tips: Menyamakan Periode Dasar Data

Seringkali penelitian yang mengamati perkembangan data secara deskriptif atau yang menggunakan model ekonometri, variabel penelitian memiliki data dalam bentuk angka indeks. Jika dua seri atau lebih data angka indeks tersebut memiliki periode dasar yang sama, maka seri-seri tersebut dapat diperbandingkan secara langsung. Namun, jika dua seri data tersebut memiliki periode dasar yang tidak sama, maka angka-angka tersebut tidak dapat diperbandingkan secara langsung.
Perbedaan tahun dasar biasanya disebabkan oleh kebutuhan tertentu untuk mengakomodasi informasi baru. Misalnya BPS mengeluarkan data IHK (Indeks Harga Konsumen) selama periode 1983-1995 dengan tahun dasar 1983 = 100, lalu mempublikasikan data IHK tahun 1993-2000 dengan tahun dasar 1993 = 100.
Langkah-langkah menyamakan tahun dasar:
1) Cari satu data/angka yang dihitung dengan menggunakan dua tahun dasar, misalnya data pada tahun 1992 diukur dengan tahun dasar 1983 dan 1993
2) Setelah itu jika kita ingin menjadikan semua data bertahun dasar 1993, dapatkan sebuah magic number, yaitu data tahun 1992 menurut tahun dasar 1993 dibagi dengan data tahun 1992 menurut tahun dasar 1983.
3) Angka hasil pembagian tersebut (magic number) dikalikan dengan semua data yang diukur menurut tahun dasar 1983 dan data tersebut menjadi bertahun dasar 1993.
4) Tetapi jika kita ingin menjadikan semua data bertahun dasar 1983, maka untuk mendapatkan magic number data tahun 1992 menurut tahun dasar 1993 dibagi dengan data tahun 1992 menurut tahun dasar 1983
5)Kemudian semua data tahun 1993 dibagi dengan magic number tersebut, agar semua data bertahun dasar 1993 menjadi data bertahun dasar 1983.

26 komentar:

  1. akan lebih baik kalau disertai contoh-contoh angka

    BalasHapus
  2. thx.. berguna banget blognya.

    anyway, berminat tukeran link ga? gw baru bikin blog baru yang sedikit banyak berhubungan sama ekonometrika dan statistik nantinya.

    BalasHapus
  3. tx berguna banget bos!!jadi tertarik buat diskusi maslah ekonometri pengen belajar lebih banyak bos!salam kenal

    BalasHapus
  4. Informasi ini cukup membantu bagi orang yang menggeluti khususnya perekonomian Indonesia.

    Namun untuk mempermudah orang mengaplikasikan perlu diberikan contoh-contoh perhitungan yang riil....

    BalasHapus
  5. Salam,

    Boleh tanya mengenai periode data, bagaimana bila periode data yang kita punya terbit-nya berbeda-beda

    contoh kita ingin meregresikan data triwulan dan data harian?
    atau bagaimana data suku bunga (keluarnya bukan harian) tetapi kita ingin meregresikan dengan data harian?

    Padahal yang kita ingin forecast adalah data hariannya.

    Apakah dengan cara interpolasi atau rata-rata? metode mana yang lebih baik? apa alasannya?
    Terimakasih

    BalasHapus
  6. To Himawan...
    Sudah diusahakan untuk contoh...kalau bisa ya riil, berabsis data sebenarnya. Tapi kadang-kadang pake data hipitetis aja...sorry untuk keterbatasannya...
    trims untuk saran dan diskusinya ya!

    BalasHapus
  7. to igbal..
    sorry mas iqbal...baru comment...mudah2an mas iqbal ngikuti terus...suapaya saya ada tekanan untuk sering update...trims ya, salam kenal juga!

    BalasHapus
  8. To Mas/Pak Yohan

    Saya coba jawab ya. JIka kita menggunakan 2 atau lebih variabel dalan satu persamaan regresi, kita haruslah menggunakan basis observasi yang sama. bulanan dengan bulanan. harian dengan harian.
    tetapi maungkin saya perlu melihat juga peta data variabel2 ini, sebab saya khawatir saya kurang memahami maksud pertanyaannya.
    Alasannya begini:
    1. Jika misalnya variabel dependen menggunakan observasi bulanan, variabel independen harian, atau var independen ada yang harian ada yang bulanan. ini jelas tidak bisa, karena perilaku variabel dengan data harian tidak bisa menjelaskan perilaku yang bulanan. Basis data harus sama.
    2. Tapi, jika misalnya variabel pertama adalah variabel yang dikumpulkan berdasarkan observasi bulanan, dan data variabel kedua adalah diambil data pada hari tertentu yang dianggap mewakili perilaku satu bulan, dan data setiap bulan diwakili oleh satu hari tertentu, ya artinya ini dua-duanya dalah variabel dengan observasi bulanan. jadi kalau seperti ini boleh dong diregres.
    Mudah2an penjelasan saya tdk terlalu ruwet...he..he..

    Untuk suku bunga: yang dimasksud suku bunga harian itu, suku bunga antarbank? kalau itu suku bunganya memang harian. Tapi saya tidak tau persis di mana bisa mendapatkan datanya.mungkin di Boomberg? Mungkin ada kawan-kawan ada yang bisa bantu?
    Kalau maksudnya suku bunga deposito atau sejenisnya, yang dilihat secara harian, suku bunga ini dikeluarkan bank harian lho...tapi mungkin tidak setiap hari berubah, ya kan?
    Kalau misalnya SBI, SBI dilelang kalau nggak salah setiap 2 minggu, so publikasinya ada di laporan BI.
    Tapi ada baiknya baca buku moneter atau report2 BI deh...biar mantabbb...
    Akhirnya yang diforecast ya data itu tadi! Kelihatannya tidak bisa diinterpolasi. Jika di rata-rata kita juga akan ngarang data selama 30 hari kan? sudah menghilangkan perilaku data asli selama 30 hari, yang mungkin saja terjadi fluktuasi harian yang hebat (khususnya suku bunga antar bank).Jadi nggak usah diinterpolasi atau di rata-rata.
    Interpolasi pada prinsipnya adalah melengkapi data lho...kalau semua atau sebagian besar data kita interpolasi, data jadi sangat teratur kan? bisa menghilangkan informasi tuh. Lagi pula hati2 lho kalau menginterpolasi..perhatikan rumusnya dan jenis data yang diinterpolasikan. Bisa jadi suku bunga berbeda dengan JUB atau GDP. Ok, mudah2an diskusi dari sya cukup OK...kawan2 lain ada yang bisa menambahkan?

    BalasHapus
  9. bagaimana jika data yang digunakan kuartalan, misalkan GDP riil pada tahun 1999 dengan tahun dasar 1993 ingin dikonversi ke tahun dasar 2000.

    BalasHapus
  10. mas mw nanya klo buat pdrb per kapita apakah cara diatas bisa dipraktekan jg???

    BalasHapus
  11. pak, mau tanya teknik interpolasi dari data pdb triwulanan menjadi bulanan, ada rumusnya gak?

    BalasHapus
  12. pak mau tanya cara yang sebenarnya untuk menyamakan tahun dasar?apakah membutuhkan IHK?
    Mohon penjelasannya disertai contoh..terima kasih...

    BalasHapus
  13. pak, boleh tau sumbernya? Karna saya kurang mudeng. Buku apa kira2 yang bisa bapak rekomendasikan buat saya. Trims

    anto_ekp@yahoo.com

    BalasHapus
  14. Pak, kalo misalnya datanya satu PDRB kecamatan dengan tahun dasar 1993, sedangkan data PDRB kabupaten saya pake tahun dasar 2000,bisa gak digunakan cara tersebut digunakan untuk merubah tahun dasar PDRB kecamatan 1993 menjadi tahun dasar 2000, sedangkan data PDRB kecamatan dengan tahun dasar 1993 merupakan data terakhir yang di buat, setelah itu gak di buat lagi.Saya seorang mahasiswa yang lagi nulis skripsi. Mohon bantuan dan daftar referensinya pak.

    anto_ekp@yahoo.com

    BalasHapus
  15. mau nanya ttg penyamaan tahun dasar. metode yang dijelaskan sebelumnya kok g pakek pdb deflator, harga thun dasar dll ya?. sepengetahuan saya metode yang ada di buku" itu pakek, jenis" itu. oh ya.. boleh tahu sumber yang bisa jadi rujukan pustakanya g pak..

    my.rohman88@gmail.com

    BalasHapus
  16. pak saya masih binggung
    bagaimana mencari salah satu data yang diukur dengan dengan dua tahun dasar yaitu 1993 dan 2000 untuk salah satu tahun PDRB
    mohon bantuan kalau bisa tolong juga referensinya pak dan contohnya pak

    kirman.7183@gmail.com

    BalasHapus
  17. tangs,,, sangat membantu saya dalam menganalisis struktur ekonomi di daerah eks-karisidenan Surakarta..:)

    BalasHapus
  18. saya mau tanya ,,, bagaimana cara mengubah data bulanan menjadi kuartalan?? trimakasih......

    BalasHapus
  19. saya mau tanya ,,, bagaimana cara mengubah data bulanan menjadi kuartalan?? trimakasih......

    adja.chika@rocketmail.com

    BalasHapus
  20. saya mau tanya, konsep megic number ini bersumber dari siapa atau instansi apa ya?
    mohon pencerahannya, soalnya untuk daftar pustaka.
    terima kasih..

    auliaurrahman@rocketmail.com

    BalasHapus
  21. saya mau tanya apakah ada literature atau referensi mengenai perhitungan ini seperti jurnal atau buku? saya ingin memasukannya kedalam penelitian thesis saya..

    davidchandra777@hotmail.com

    BalasHapus
  22. saya ingin memasukkan referensi ini untuk dapus di skripsi saya dapatkah saya meminta sumber aslinya?terimakasih
    tolong kirimkan ke e-mail saya hidayatiimroatul@gmail.com atau imroatul2307@gmail.com
    saya akan sangat berterimakasih atas ketersediaan mas/bapak dalam membantu saya
    salam. Imroatul Hidayati

    BalasHapus
  23. maaf saya mau tanya
    interpolasi itu apa sih?
    bagaimana cara mengubah data triwulanan menjadi bulanan dengan metode interpolasi..
    tlg jwbannya..

    BalasHapus
  24. Dimana kita bisa dapat data survey harga konsumen yang komplit berdasarkan pengelompokkanya pada tahun 2007 sebagai tahun dasar perhitungan IHK ditahun 2013?...karena data yang ada umumnya sudah menjadi angka indeks, sedangkan data harga tahun dasarnya tidak pernah ditampilkan?...

    BalasHapus
  25. parah mas/mba, ini sumber blog yg sebenernya http://wajibstat.blogspot.com/2013/04/tehnik-mudah-menyamakan-tahun-dasar.html plagiat!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat tahunnya dulu.. mana yang plagiat..

      Hapus