01 November 2007

Catatan: Manfaat pendekatan ekonometri

1. Verifikasi
Sebagai alat untuk membuktikan atau menguji validitas teori-teori ekonomi. Tidak ada satupun teori yang dapat mempertahankan kehebatannya tanpa melalui pengujian empiris, dan ekonometri membantu melakukan pengujian empiris.
2. Penaksiran
Untuk menghasilkan taksiran-taksiran koefisien-koefisien hubungan ekonomi. Taksiran-taksiran ini sangat bermanfaat bagi pengambilan keputusan.
3. Peramalan
Meramalkan nilai besaran-besaran ekonomi yang akan datang.

2 komentar:

  1. bisa gak dijelaskan dengan bahasa yg bisa dimengerti oleh anak SMA atau seperti kita membaca cerpen yg gak menggunakan bahasa2 rumit yg membuat kita malas melanjutkan bacaan? kalo gak bisa berarti ekonometrika hanyalah utk dosen saja.

    BalasHapus
  2. validitas, pengujian empiris, koefisien, besaran-besaran ekonomi, itu semua artinya apa? kalo bisa tolong dibuat juga semacam kamus dalam blog ini (gak apa2 deh menurut sepengetahuan pemilik blog aja asal dipaparkan dg bahasa sesederhana mgkin). kalau gak, ya kita gak tertarik melanjutkan bacaan. masalahnya adalah kalopun ditanya sama guru, mereka jg belum tentu ngerti. Jadi, tolong kita2 yg gak ngerti ini, supaya dituliskan dg bahasa rakyat sehingga ke depan nanti negeri kita akan banyak yg faham ekonometrika. saya sendiri sangat tertarik karena kayanya ilmu ini luar biasa canggih seperti komputer saja, tapi itu tadi masalahnya, gak ngerti istilah2nya dan lebih parahnya lagi gak tahu dari mana mulai/start dan dimana garis finish dari ekonometrika ini. tolong dijelaskan ya pak, demi anak bangsa :)

    BalasHapus