14 November 2007

Catatan: Mengapa Faktor Error Ada Dalam Regresi?

Penyisipan faktor error (mis: u) ke dalam fungsi disebabkan oleh berbagai alasan, yaitu:

  • Penyisipan faktor u dalam model mewakili himpunan pengaruh dari seluruh variabel-variabel yang diabaikan (peripheral variable). Dimungkinkan pengaruh semua variabel tersebut sangat kecil.
  • Memasukkan faktor u digunakan untuk mewakili kesalahan-kesalahan dalam pengukuran, pencatatan, pengumpulan maupun pengolahan data.
  • Karena ketidaksempurnaan spesifikasi bentuk matematis model. Bentuk linier dari persamaan regresi hanyalah sebagai pendekatan dari bentuk persamaan yang sebenarnya. Faktor u antara lain termasuk pula sebagai faktor koreksi akibat kesalahan karena pendekatan linier semacam ini.
  • Perilaku acak dalam kehidupan. Perilaku manusia adalah keadaan acak yang tidak dapat diduga/dipastikan.Variabel-variabel yang sering digunakan dalam regresi berganda sering merupakan agregat dari variabel-variabel lainnya. Agregasi dapat berupa ruang, waktu dan sebagainya. Dengan agregasi sebenarnya telah dibuang berbagai informasi yang ada pada berbagai distribusi di antara pengamatan-pengamatan individual. Kehilangan informasi ini mungkin dapat meningkatkan error dalam hubungannya dengan masalah agregasi.

8 komentar:

  1. Pak Fir, Mbuat Podcast Ekonometrika, atau topik ekonomi yang lebih luas mungkin seru pak. kayak di twit.tv atau podtech.net

    MIT (aja) ada lho pak http://web.mit.edu/ist/podcasts/makepodcast.html

    bagaimana pak?

    BalasHapus
  2. http://mudrajad.com
    keren pak,

    kapan pak ada firmansyah.com atau firmansyah.web.id?

    BalasHapus
  3. To Pak Mudrajad.
    Trims pak, mudah-mudahan segera ada web nya nih. Tapi ini latihan dulu di blog sambil blajar n diskusi..

    BalasHapus
  4. titanium network surf freely - The Tithon Solutions
    This web-based website allows you to create real network surfing boards head titanium ti s6 to surf, 2018 ford fusion hybrid titanium as well as providing an smith titanium authentic titanium men\'s wedding band surfboard infiniti pro rainbow titanium flat iron experience.

    BalasHapus
  5. d668l5ygbgb625 replica bags w966n2mguku229

    BalasHapus